Lontong Balap

June 9, 2008

Lontong Balap adalah hidangan khas Jawa Timur. Konon nama hidangan ini lahir karena para penjualnya dulu berasal dari satu kampung. Ketika mulai berjualan, puluhan gerobak didorong hingga seperti sedang balapan. Rasa taogenya yang krenyes-krenyes membuat makanan satu ini diidamkan oleh penggemarnya sebagai salah satu makanan yang tergolong “Mak Nyussss …”.


Sumber gbr: jagomakan.blogspot.com

Lontong Balap berisi lontong, sayur taoge, irisan tahu plus lento yang diremas-remas. Lento adalah sejenis bakwan terbuat dari kacang tolo. Untuk lento, dibuat dengan komposisi 3 bagian kacang dihaluskan dan 2 bagian tetap utuh. Kemudian diberi bumbu, dibentuk bulat lonjong, lalu digoreng. Saos sambalnya terbuat dari petis, cabai dan bawang putih. Biasanya lontong balap dimakan dengan sate kerang.

Di Jawa Timur, terutama di kota Surabaya, gampang menemui penjual lontong balap. Tapi di Jakarta, sulit sekali mendapatkan penjual makanan satu ini. Padahal cukup banyak rumah makan menyediakan makanan dan jajanan khas Jawa Timur. Bahkan yang bahan bakunya relatif lebih sulit diperoleh, seperti Lontong Kupang, malah banyak tempat yang menawarkan. Makanan khas Jawa Timur lainnya seperti rujak cingur, tahu telor, tahu campur, dan lainnya, dengan mudah dapat dijumpai di berbagai restoran khas Jawa Timur ataupun sekedar di warung tenda pinggir jalan.

Namun demikian, bagi penikmat lontong balap di sekitar jabodetabek, bisa menghilangkan rindu rasa lontong balap ini. Setidaknya ada penjual lontong balap di BSD. Lokasi tepatnya adalah di Pasar Modern BSD, nama kios penjualnya adalah “Toko Can”. Di kios ini, selain dapat ditemui lontong balap, juga tersedia berbagai makanan khas Jawa Timur lainnya.

One Response to “Lontong Balap”

  1. Resza Says:

    ha.ha.ha.
    saya udah jadi pelanggan Toko Can sejak awal tahun 200an, ketika dia masih ngontrak rumah di Bintaro Sektor 5, sekalian dijadikan warung jawa timuran-nya.
    Toko Can trus ekspansi lokasi di ruko Bintaro sektor 9 belakangnya Mc Donald dan ada lagi outletnya di Bintaro sektor 2, sayang yg ini udah ditutup….ga’ oaid back, katanya.
    Lha outlet di BSD tuh dibuka baru belakangan…..
    Kalo udah ke toko Can, hilang semua kerinduan akan tahu campur, tahu tek, lontong balap, rujak cingur, soto lamongan etc….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: