Gunakan Blackberry, jangan sampai Crackberry …

September 19, 2008


Sejak dipaksa sama Boss di kantor untuk memakai handset dan layanan Blackberry, maka saya harus:

1. Mempelajari apa itu Blackberry, dan mencoba memahami mengapa Sarah Palin demen pakai Blackberry …

2. Mengubah jenis layanan GSM yang saya miliki untuk dapat mengadopsi teknologi Blackberry (ternyata prosesnya gampang sekali …)

3. Menyadari, betapa sebenarnya layanan Blackberry dapat mempercepat proses bisnis dan komunikasi yang telah menjadi tuntutan di jaman ini.

4. Menikmati menggunakan Blackberry (jadi Blackberrian …) dan menjaga agar tidak sampai menjadi Crackberry (Crackberrian …).

Berikut adalah informasi singkat tentang Blackberry yang mulai banyak dan ramai dipergunakan (serta mulai “meracuni” banyak kalangan) di Indonesia, yang saya rangkum dari berbagai sumber.

Produk yang menjadi andalan utama dan membuat Blackberry digemari di pasar adalah push e-mail, yang di-Indonesiakan sebagai “surat-e gegas”. Produk ini mendapat sebutan surat-e gegas karena seluruh surat-e baru, daftar kontak, dan informasi jadwal (calendar) “didorong” masuk ke dalam Blackberry secara otomatis.

Pengguna tidak perlu mengakses internet terlebih dulu dan membuka satu persatu surat-e yang masuk, atau pemeriksaan surat-e baru. Hal ini dimungkinkan karena pengguna akan terhubung secara terus-menerus dengan dunia maya melalui jaringan telepon seluler yang tersedia. Alat penyimpanan juga memungkinkan para pengguna untuk mengakses data yang sampai ketika berada di luar layanan jangkauan nirkabel. Begitu pengguna terhubung lagi, Blackberry Enterprise Server akan menyampaikan data terbaru yang masuk.

Fasilitas lain yang menjadi andalan Blackberry adalah pesan instan. Yahoo Messenger, Google Talk dan Skype kini telah menjadi rekanan dengan Blackberry. Teknologi terkini memang memungkinkan kita untuk “mengobrol” (chatting) di internet melalui telepon genggam dan Personal Digital Assistant (PDA). Tetapi yang berbeda pada Blackberry adalah proses instalasi lengkap yang bisa dilakukan nya melalui jaringan nirkabel.

Jaga diri, jangan sampai menjadi Crackberry. Crackberry adalah kosa kata yang dipergunakan untuk menggambarkan kecanduan terhadap Blackberry. Crackberry berasal dari kata crack yang berarti kokain dan kata Blackbery. Kemudahan yang dihadirkan dalam mengakses e-mail dan pesan instan membuat para pengguna seringkali tak bisa lepas dari Blackberry. Efek yang dihasilkan membuat para pengguna tampak seperti orang yang kecanduan dengan Blackberry. Crackberry pun menimbulkan kekhawatiran akan perubahan ritme kerja menjadi tidak sehat dan hilangnya keseimbangan hidup.

Hal ini kemudian membuat beberapa pemerintahan negara membatasi bahkan melarang penggunaan Blackberry. Di Kantor Imigrasi dan Kewarganegaraan Kanada, pejabat memerintahkan karyawan untuk mematikan alat dari jam 7 malam hingga 7 pagi, hari libur dan akhir pekan. Hal ini untuk menjaga kesimbangan hidup karyawan. Pemerintah kemudian mengeluarkan panduan khusus dalam menangani kondisi darurat sehubungan pembatasan Blackberry. Sementara di Perancis, muncul larangan bagi para Menteri untuk menggunakan Blackberry dengan alasan intelijen. Hal ini dapat dimengerti, mengingat di Inggris pemanfaatan Blackberry telah meluas hingga ke pelacakan nomor-nomor kendaraan serta foto-foto pelaku kriminal.

Berikut adalah ciri-ciri (dalam nada bercanda) tentang mereka yang keracunan Blackberry. Diperoleh dari postingan di berbagai milis, dipasang di sini untuk pengetahuan dan pembelajaran.

Ciri-ciri Keracunan Blackberry:

Rela disuruh antri. Semakin panjang semakin tenang. Gak menunjukkan gejala kekesalan sama sekali (yang mau ngikutin pola ini… coba antre di burger king di hari libur… bisa 1 jam lebih pasti tetep teunang).

Seneng saat terjebak kemacetan, semakin macet semakin tenang (aneehh!). Berharap kena lampu merah berulang2 (Kalo perlu lampu merahnya korslet… Gak ijo2). Kalo lampu berubah ijo jadi kesal, jadi tetep nekad jawabin email/chatting.

One day, ada yang kena tilang tuuhh… hahaha… *lirik kanan-kiri*. Gara2 sering kena klakson orang lain di lampu merah, sampe disaranin bikin sticker di belakang mobil: “Harap Sabar, Blackberry User!”.

Waktu BAB yang jadi bertambah lama. Meskipun isinya udah kosong (wong biasanya 5-10 menit selesai, jadi BABnya lama banget!). Pernah ada yang sampe di gedor, “Beol kok lama? Bawa BB ya?”.

Tidur miring munggungin pasangan… dengan BB ditangan (kejar target ngabisin baca email… biar besok bangun pagi… baca email baru).

Suka senyum-senyum sendiri, baik pas lagi meeting atau naik kendaraan umum. Sampai dikira ketempelan jin karena senyam-senyum sendiri.

Gak kerja atau gak konsen kerja, malah baca email, balas email, YM dan browsing internet pake BB. Kalo meetingnya membosankan malah seneng.

Bangun pagi, yang pertama di cari BB dulu bukan yg laen.

Sering ketiduran sewaktu BB masih di tangan. Bangun tidur, panik, BB-nya ketelingsut di balik selimut/bantal/ seprei, gak ketemu2. Pernah ada yang pas ketiduran dengan BB di tangan di foto, trus fotonya ditaruh di wallpaper laptop. Pas buka laptop kagetnya minta ampun.

Nggak konsen waktu menghadiri seminar atau pelatihan. Selesai pelatihan, gak mudheng pelatihannya tadi isinya apa.

Waktu diajak ngobrol sama orang, tetap maksa jawab email atau chatting. Cuek aja padahal yang ngajak ngobrol itu kadang bossnya sendiri.

Lebih seneng disupirin daripada setir sendiri, atau lebih seneng naik Transjakarta-busway daripada bawa mobil sendiri.

Frekuensi nengok ke BB paling sering di banding memakai HP, PDA atau benda laennya (apalagi kalo ada yang getar2 saat di holster atau lampu merah manggil2).

Jadi jarang marah, tapi malah sering dimarahin pasangan, karena sekarang kalo dipanggil gak bisa cuma lewat suara, seringnya kudu dicolek karena gak ngeh kalo dipanggil.

Disuruh nunggu sama pasangan lamaaaa waktu jemput… sabar… gak marah. Nunggu dia milih2 baju or belanja di mall tetep sabar… gak marah.

Kalo ada di tempat umum, sering panik gak kepalang, nyari2 stop kontak dimana2. Batere BB abis.

Disuruh megang anak yang masih balita, malah ditaruh di dalem box atau di lantai, pas rewel/nangis … langsung nunjuk2in BB ke anak supaya gak nangis … (gawat kalo ibunya tau kenapa anaknya rewel).

Kalo lampu merah di motor bukannya merhatiin lampu nunggu ijo, malah nerusin chatting, ampe diklaksonin mobil.

Sering lupa mencet tombol lift, jadi harusnya naik malah turun. Belum lagi kebablasan lantainya.

Kalo ngantri di bank yang pake nomor antrian computerized, pas giliran nomornya dipanggil dari speaker, sering gak denger. Saking autisnya. Pas kepala dongak liat layar nomor antrian, kaget, nomornya kelewat. Dalam hati, “Halah, ambil nomor antrian lagi deh”. Diliatin orang pulak… tengsin booo.

Oneday, selesai sholat subuh… Abis baca doa… Langsung ambil BB… Trus begitu pasangannya lewat… Dia langsung komentar “Dimana mana, orang abis sholat itu dzikir pake tasbih… Bukan scrolling pake BB.”

Langganan koran dan majalah masih tertumpuk rapi tak terbaca (kalo diloakin demen banget tuh tukang loaknya).

Langganan tv kabel gak ketonton, malah lebih sering pembokat yang nonton.

Disuruh nyuci mobil jadi sering malas. Mending bawa ke tempat cucian mobil. Ngakunya biar lebih bersih.

Jadi sering ke salon supaya pas di creambath n potong rambutnya bisa chatting or cek email. Padahal rambut belum terlalu panjang.

Lagi jalan2 di Mal, trus mau ke toilet, tapi karena sambil chating alhasilllll … salah masuk toilettt … Ahhhhhh tengsinnn boooo.

Pulang kuliah or kerja terlibat chatting seru, pas sampe gerbang kos mata cuma sepintas liat pintu rolling door, terbuka… Begitu melintas, DUAKK! Kepala kejedot bagian bawah pintu rolling door yang ternyata terbuka pas setinggi jidat. Langsung tolah-toleh ke jalan. Alhamdulillah, gak ada yang liat… hihihi… Duh tapi jidat benjol guede euy!!!

2 Responses to “Gunakan Blackberry, jangan sampai Crackberry …”

  1. Resza Says:

    Mas,
    Sampai sekarang saya masih tetap pakai GSM konvensional dan belum memutuskan ganti ke blacberry, karena itu tadi….takut kecanduan:-))

  2. Irawan Says:

    Mas,
    Justru saya sekarang menjadi crackberry…, krn nunggu email guyonn…;-(


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: