Institut Teknologi Surabaya, salah kaprah sebuah nama …

June 1, 2011

Institut Teknologi Surabaya itu sebenarnya tidak pernah ada …

Kalaupun yang dimaksud adalah ITS Surabaya, maka yang benar:

ITS – Institut Teknologi Sepuluh Nopember, di Surabaya.

Website ITS beralamat di http://www.its.ac.id

Kampus ITS Sukolilo, Surabaya, di Google Map:

ITS at GoogleMap

Tulisan “Institut Teknologi Sepuluh Nopember” di Bundaran Gerbang Kampus ITS:

nama its

Kesalahkaprahan ini memang sudah berlangsung lama. Bahkan di berbagai publikasi resmi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, misalnya pada Buku Panduan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN) pada sekitar tahun 1980-90an, memang tertulis nama “Institut Teknologi Surabaya” sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Surabaya. Bahkan juga di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) lampiran IV, juga tertulis kepanjangan ITS sebagai “Institut Teknologi Surabaya” (lihat referensinya di sini). Konyol memang.

Sejarah nama ITS ini dimulai ketika pada tanggal 10 Nopember 1957, Presiden Soekarno meresmikan berdirinya “PERGURUAN TINGGI TEKNIK 10 NOPEMBER” yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik 10 Nopember. Beberapa waktu kemudian Perguruan Tinggi Teknik 10 Nopember diubah statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri dengan nama: “INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER DI SURABAYA”, disingkat dengan kependekan “ITS”. Penetapan ITS sebagai perguruan tinggi negeri berlaku mulai tanggal 03 Nopember 1960 sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah RI Nomor 9 Tahun 1961 tanggal 23 Maret 1961.

Karena singkatan namanya ITS, kebanyakan orang cenderung mengkaitkan dengan keberadaan dua perguruan tinggi negeri besar lainnya (dan yang lebih populer) yang dianalogikan nama dan singkatannya, yaitu:

ITB – Institut Teknologi Bandung, di Bandung.
IPB – Institut Pertanian Bogor, di Bogor.

Dulu, Asian Development Bank (ADB) yang memberikan pinjaman dana pembangunan kampus ITS di Sukolilo, Surabaya, juga menuliskan “Surabaya Institute of Technology” pada berbagai dokumen resminya. Dosen-dosen ITS yang belajar pada berbagai perguruan tinggi di luar negeri lebih senang menuliskan nama asal institusi mereka sebagai “Surabaya Institute of Technology” ketimbang “Sepuluh Nopember Institute of Technology”.

Dan bahkan hingga saat ini, pada berbagai publikasi/koran/media nasional masih sering dijumpai kesalahan penulisan dan penyebutan nama panjang kampus ITS.

Kesalahkaprahan ini memang mulai diperbaiki, misalnya, beberapa waktu yang lalu kampus ITS melakukan perubahan logo ITS yang “sengaja” mencantumkan kepanjangan nama dari ITS.

Logo ITS biru transparan

Tapi rasanya upaya edukasi ini masih perlu upaya keras. Setidaknya, berusaha berdisiplin di dalam lingkungan kampus ITS sendiri untuk konsisten menuliskan “Institut Teknologi Sepuluh Nopember” yang bahasa Inggrisnya “Sepuluh Nopember Institute of Technology”. Serta kemudian juga secara konsisten mengedukasi masyarakat, terutama kalangan jurnalis, agar juga menuliskan dan menyebutkan kepanjangan ITS dengan benar.

9 Responses to “Institut Teknologi Surabaya, salah kaprah sebuah nama …”


  1. […] Institut Teknologi Surabaya, salah kaprah sebuah nama … […]

  2. israwati Says:

    Tentunya untuk mensosialisasikan kesalah-kaprahan Institut teknologi Surabaya dari redaksi Institut Teknologi Sepuluh November knapa bukan ITSN..jika dilihat dari aturan pengambilan terminologi dari suku kata awal,..mana sih seharusnya yg benar nopember atau november….dari kosa kata aja sudah mengalami kesalahan..

  3. harry Says:

    @israwti. Sekedar tambahan info kenapa bukan itsn? Karena kata Sepuluh dan Nopember merupakan Dua Kata yang tak dapat dipisahkan sebagai representasi perjuangan 10 November kala itu (baca sejarah ITS at its.ac.id). Tulisan Nopember, kenapa bukan November? Karena pada saat ITS didirikan masih menggunakan ejaan lama, spt halnya UGM = universitas gadjah mada dan lain lain…..

  4. Benagustian Says:

    sebenarnya itu ngak kenapa diganti surabaya aja. tapi pasti nilai sejarahnya hilang dan pasti juga orang tak menghendaki ini…. mau ITS s-nya ‘surabaya’ atau ‘sepuluh’ yang jelas jangan berhenti berkaya untuk Indonesia :) yang jelas tetap teruskan saja edukasi kalau ITS itu ya institus sepuluh november [eh komen saya tidak konsisten hehe]

  5. Ludya Says:

    Wah makasih ya infonya! Jujur aja saya kira selama ini its (yg kepanjanganya surabaya) itu beda sama its yang kepanjangannya sepuluh nopember. Makasih banyak!

  6. Muhammad Rizki Rahmadani (Aris) Says:

    Saya baru tau kalo Intitut Teknologi Surabaya itu tidak ada.


  7. ayo kunjungi https://www.facebook.com/jonihermanaforITS1 untuk informasi lebih lengkap tentang bakal calon rektor ITS


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: